Balai Pustaka Buka Sanggar Sastra Untuk Pelajar di DKI Jakarta

10182048-20709968-001

Jakarta (Tangselone.com) – Dalam rangka memperingati 100 tahun kelahirannya, BUMN yang bergerak di bidang penerbitan, Balai Pustaka membuka Sanggar Sastra Balai Pustaka. Kegiatan ini berlangsung selama tiga hari mulai tanggal 16 Mei hingga 18 Mei 2017.

Pembukaan Sanggar Sastra Balai Pustaka tersebut bertujuan untuk melestarikan karya sastra nusantara agar semakin berkembang di tengah minat baca yang terus menurun di Indonesia.

Balai Pustaka menggandeng Komunitas Musikalisasi Puisi Indonesia (KOMPI) dan Sanggar Matahari sebagai penampil dan narasumber pelatihan.

“Sanggar Sastra Balai Pustaka ini bertujuan untuk menggairahkan kembali minat baca sastra di kalangan generasi muda,” kata Direktur Utama PT Balai Pustaka Persero Saiful Bahri, di Jakarta, Selasa (16/5/2017).

Di dalam peresmian sanggar tersebut, Balai Pustaka mengundang sejumlah sastrawan terkemuka seperti Taufiq Ismail, Jamal D Rahman, Fikar W. Eda, dan Irmansyah.

Pembukaan Sanggar Sastra ini dilandasi pada fakta bahwa masih terbatasnya ruang untuk menumbuhkembangkan minat sastra di kalangan masyarakat, terutama di Jakarta. “Ke depan diharapkan akan semakin banyak sanggar sastra yang lahir dari Balai Pustaka,” kata Saiful.

Adapun manfaat bagi para siswa adalah dengan adanya sanggar sastra ini diharapkan dapat memperkenalkan karya sastra di sekolah. Apalagi karya sastra tidak diajarkan di sekolah. Keberadaan sanggar akan memperkuat dan memperluas wawasan serta praktik bersastra melalui berbagai kegiatan yang dilakukan di sanggar sastra.(R)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *