Lomba Baca Puisi Piala Maja

IMG-20170317-WA0004-001

ACEH (Tangselone.com) – Setelah 9 tahun menunggu, akhirnya pecinta lomba baca puisi kembali dapat mengikuti ajang lomba baca puisi paling bergengsi di Aceh, yaitu Lomba Baca Puisi Piala Maja pada 14-16 Mei 2017 yang akan datang. Bertempat di Taman Seni dan Budaya Banda Aceh, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Aceh akan menggelar Lomba baca puisi memperebutkan piala tetap dan piala bergilir dengan total hadiah Rp 19.500.000. Piala Maja, menurut catatan penyelenggara sebelumnya, yaitu Dewan Kesenian Banda Aceh telah berlangsung selama delapan kali. Tiga kali dilaksanakan oleh Aceh Production Dan lima kali hingga tahun 2008 dilaksanakan oleh Dewan Kesenian Banda Aceh.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Aceh, Drs Reza Fahlevi. Msi mengatakan bahwa lomba baca puisi memperebutkan Piala Maja ini sangat penting dilaksanakan mengingat begitu banyaknya karya sastra terutama puisi yang ditulis dan dibukukan di Aceh.

“Pada kegiatan Temu Penyair 8 Negara saja tahun lalu di Aceh ada 27 judul buku puisi yang diluncurkan, 8 diantaranya antologi puisi penyair Aceh. Ada juga antologi Puisi Penyair Nusantara Meulaboh “Pasie Karam” dan Antologi Puisi Kopi yang diluncurkan di Gayo yang memuat ratusan karya penyair Nusantara. Begitu banyak karya yang ditulis penyair sehingga kita perlu mengapresiasinya dengan mengadakan lomba baca puisi yang terbuka untuk seluruh warga Negara Indonesia,” imbuhnya.

Menurut Ketua Pelaksana yang juga Kepala Bidang Bahasa dan Seni Dra. Kemalawati, lomba baca puisi Piala Maja yang ke-9 ini akan menjadi ajang bagi pembaca puisi untuk menunjukkan kemampuannya memahami isi puisi sehingga ketika dibaca pesan yang disampaikan penyairnya dapat tersampaikan kepada pendengarnya.

“Apalagi yang menjadi juri dalam lomba baca puisi kali ini adalah juri berskala nasional yang juga penyair dan pemenang lomba baca puisi tingkat nasional.” Tegas Kabid Bahasa dan Seni Disbudpar Aceh yang juga penyair nasional, D Kemalawati.

Adapun kesepakatan melanjutkan kegiatan Lomba Baca Puisi Piala Maja yang sebelumnya diselenggarakan oleh Dewan Kesenian Aceh antara pimpinan Aceh Production MY Bombang yang akrab disapa Apa Kaoy dengan Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Aceh, Drs Reza Fahlevi didasari atas desakan para seniman Aceh, terutama pembaca puisi yang sebagian besar adalah generasi muda penikmat sastra agar diadakan ajang lomba baca puisi yang benar-benar bergengsi hingga pemenangnya layak diikutsertakan ke Tingkat Nasional seperti para juara yang mewakili Aceh belasan tahun lalu.

Lomba Baca Puisi Piala Maja terbuka untuk umum baik di Aceh maupun luar Aceh memperebutkan piala bergilir dengan total hadiah Rp.19.500.000,-. Peserta dari semua kalangan silahkan mendaftar sesuai dengan persyaratan yang telah ditentukan, yakni berusia 17 tahun ke atas dengan melampirkan foto copy KTP, phas photo warna ukuran 3 x 4, pernah menjadi juara pada event Lomba Baca Puisi dibuktikan dengan foto copy sertifikat pemenang. Pendaftaran peserta dapat dilakukan pada Bidang Bahasa dan Seni Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Aceh.

Formulir pendaftaran peserta dapat diunduh melalui : www.letteroftruth.webs.com
Email: base.disbudpar@gmail.com.(R)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *