BI Resmi Keluarkan Uang Pecahan Baru

uang_nkri11

JAKARTA (Tangselone.com) – Bank Indonesia (BI) hari ini, Senin (19/12/2016) resmi mengeluarkan satu seri uang rupiah Tahun Emisi (TE) 2016, yang terdiri dari 7 (tujuh) pecahan uang rupiah kertas dan 4 (empat) pecahan uang rupiah logam dengan gambar pahlawan yang berbeda dari yang sebelumnya.

Pada pecahan Rp 100 ribu kertas, masih tetap dicantumkan foto Bapak Proklamator Soekarno dan Mohammad Hatta. Untuk pecahan Rp 50 ribu yakni pahlawan Djuanda Kartawidjaja.

Gubernur pertama Sulawesi, Sam Ratulangi muncul pada pecahan Rp 20 ribu, Frans Kaisiepo pada pecahan Rp 10 ribu dan Guru Besar Nahdlatul Ulama Idham Chalid akan berada di pecahan Rp 5.000.

Sedangkan sosok Mohammad Hoesni Thamrin muncul pada pecahan Rp 2.000 kertas, Tjut Meutia pada pecahan Rp 1.000 kertas, dan I Gusti Ketut Pudja pada pecahan Rp 1.000 logam.

Letjen TNI TB Simatupang muncul pada pecahan Rp 500 logam , Tjiptomangunkusumo pada pecahan Rp 200 logam, sedangkan Herman Johannes pada pecahan Rp 100 logam.

Untuk pertama kalinya pahlawan dari Papua, Frans Kaiseipo, muncul pada uang yang diluncurkan oleh BI. Peluncuran uang pecahan baru ini disaksikan Presiden Joko Widodo.(R)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *