Pertemuan Penyair Nusantara IX 2016 Digelar di Tanjungpinang

img-20161210-wa0062

TANJUNGPINANG (Tangselone.com) – Pertemuan Penyair Nusantara IX akan digelar di Tanjungpinang, Kepri, 15-18 Desember 2016. Pada event ini akan diadakan berbagai kegiatan, seperti pameran sastra, bedah buku, pembacaan puisi, ziarah sastra,dan pertunjukan seni lainnya. Akan ada juga Anugerah Jembia Emas 2016 yang disejalankan dengan PPN IX ini.

Ketua Dewan Kesenian Kepulauan Riau, Huznizar Hood menyebutkan, Tanjungpinang diputuskan menjadi tuan rumah dalam Pertemuan Penyair Nusantara (PPN) VIII di Pattani, Thailand tahun 2015. Kegiatan PPN IX nanti dibuat tampil beda.

Tidak hanya ziarah sastra yang menjadi andalan, namun juga masih ada kejutan lainnya. “Ziarah sastra itu hanya satu dari beberapa agenda kejutan yang sudah disiapkan panitia,”kata Huznizar seperti dilansir kebudayaan.kemdikbud.go.id.

Agenda PPN bukan sebatas agenda seremonial belaka. Tidak tanggung-tanggung kedatangan ratusan penyair Indonesia tersebut harus melalui seleksi ketat 3 kurator yang ditangani langsung oleh Ahmadun Yosi Herfanda, Isbedy Stiawan, dan Tarmizi Rumahitam.

PPN kali ini akan memberikan nuansa berbeda di mata para penyair. Mengingat Tanjungpinang merupakan kiblat sastra, serta rahim kelahiran bahasa kesatuan Indonesia, maka di kesempatan serupa juga dilangsungkan acara anugerah dari Yayasan Jembia Emas.

Serangkaian agenda lain, adalah bedah buku Biografi Khairil Anwar yang ditulis oleh Hasan Aspahani. Ada juga diskusi panel lintas negara yang mendatangkan narasumber hebat dan mumpuni. Ada 4 pembicara didatangkan dari luar negeri, sementara Indonesia menyiapkan amunisi narasumber Rida K Liamsi, Maman S Mahayana, dan beberapa penyair maupun sastrawan andal lainnya.(R)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *