Kota Tangerang Selatan Mencari Identitas

p61208-111718-001

SERPONG (Tangselone.com) – Identitas atau jatidiri menjadi sangat penting bagi tiap individu atau sebuah kota. Indonesia merupakan kumpulan keberagaman identitas yang menjadikan Indonesia sebagai bangsa yang besar. Hal ini lantaran Indonesia banyak memiliki kearifan lokal, nilai-nilai kebudayaan yang tinggi dibanding negara-negara lain di dunia.

“Saya berhati-hati bicara di sini, karena saya bicara di depan para pelaku seni dan budaya yang lebih dulu melangkah,” ucap Uten Sutendy saat menjadi narasumber pada acara Workshop Kebudayaan Kota Tangerang Selatan bertajuk “Merumuskan Identitas Budaya Kota Tangerang Selatan” yang diadakan Kantor Budaya dan Pariwisata bekerjasama dengan Dewan Kesenian Tangerang Selatan (DKTS), di Hotel Ibis Tangerang, 7-8 Desember 2016.

Kearifan lokal adalah sistem nilai yang sudah menjadi kebiasaan atau tradisi yang berkembang secara turun-menurun.

Tangerang Selatan (Tangsel) telah berkembang pesat menjadi kota yang mandiri. Kota Tangsel memiliki kekayaan historis dan kearifan lokal yang bisa dijadikan modal untuk melangkah ke masa depan.

Uten pun mengingatkan bahwa perkembangan dan modernisasi Kota Tangsel yang pesat bisa juga menjadi ancaman yang akan menggerus nilai-nilai kearifan lokal. “Mengapa perumahan-perumahan di Kota Tangsel menggunakan nama-nama asing? Itu artinya kita tak bisa melawan kekuatan modal,” ujarnya.

Narasumber lain di acara workshop ini, Nurdin, mengatakan Kota Tangsel tumbuh berkembang sebagai kota yang mandiri. Kota Tangsel tidak saja memiliki daulat politik dan daulat ekonomi, tapi juga memiliki daulat budaya.

“Merumuskan kebudayaan perlu kerja keras yang panjang. Kebudayaan adalah proses pertarungan yang tak selesai,” kata Nurdin.(R)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *