Tangerang Selatan Jadi Tuan Rumah TGIF 2016

f159cef2-52d5-46fb-9cb2-40ce0f290da2_169-001

JAKARTA (Tangselone) – Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) dan Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang Selatan bekerjasama dengan Unesco dan World Technopolis Association (WTA) mengadakan kegiatan Tangerang Selatan Global Innovation Forum (TGIF) 2016. Kegiatan ini akan dipusatkan di Serpong. Walikota Tangerang Selatan Airin Rachmi Diany didaulat sebagai Ketua Pelaksana kegiatan ini.

Tujuan kegiatan TGIF 2016 ini guna membangun jejaring inovasi global dan forum bertukar pendapat bagi para akademisi dari seluruh dunia.

“Yang kami inginkan riset nanti bermanfaat bagi industri dan masyarakat pada umumnya. Kami ingin bentuk Puspitek (Pusat Ilmu Pengetahuan dan Teknologi) yang dapat dikolaborasikan dengan innovation center,” ujar Menristek Dikti Muhammad Nasir di Gedung BPPT, Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, Senin (19/9/2016) seperti dikutip Detikcom.

Nasir mengatakan TGIF sangat penting untuk menunjang inovasi teknologi yang dapat membantu pembangunan ekonomi global. Kerjasama ini difokuskan pada bantuan teknis pengembangan Science Techno Park (STP) yaitu PUSPIPTEK Serpong sebagai salah satu pilot project.

“Yang sangat penting, kita ingin menjadikan TGIF ini kegiatan innovation based local wisdom and culture. Artinya potensi-potensi yang dimiliki oleh daerah itu dimunculkan. Saya tidak mau lagi berpikir riset berhenti di perpustakaan saja,” kata Nasir

Sementara itu, menurut Airin, persiapan untuk menyambut para tamu undangan sudah mencapai 90%. Dirinya menegaskan akan mengupayakan pelayanan yang terbaik bagi para tamu-tamu tersebut.

“Insya Allah persiapan 90%. Sudah ada beberapa yang hadir. Sarana prasarana sudah kami maksimalkan. Kami berharap akan banyak multiplier effect bagi masyarakat Tangsel dari kegiatan ini,” tutur Airin

Kegiatan ini merupakan tindak lanjut kerjasama antara UNESCO, WTA dan Kemenristek Dikti sejak 2007. Acara yang dilakukan dua tahun sekali berfokus pada kegiatan non profit untuk pembangungan inovasi teknologi pada setiap anggotanya.

TGIF tahun 2016 direncanakan akan berlangsung dari tanggal 20-23 September 2016. Rangkaian acara TGIF akan dihadiri oleh 1.000 peserta dari 47 negara anggota WTA, industri, akademisi, praktisi bisnis dan ilmuwan dari berbagai negara.(R)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *