Mimbar Teater Indonesia: Cerpen-Cerpen Danarto

img-20160916-wa0003-001

JAKARTA (Tangselone) – Mimbar Teater Indonesia (MTI) 2016 didukung oleh Bakti Budaya Djarum Foundation akan diselenggarakan pada tanggal 21-23 September di Taman Budaya Surakarta (TBS), Jalan Ir. Sutami No. 51, Kota Surakarta, Jawa Tengah. MTI kali ini menggelar panggung monolog dengan menghadirkan delapan pelaku yang terdiri dari Hamrin Samad (Makassar), Akbar Siregar (Solo), Dalif (Mandar), Wahyu Widayati (Solo), Ade Ceguuk (Jakarta), Hendra Setiawan (Jakarta), Jamaluddin Latif (Yogyakarta), Ida Ayu Putu Bulan Wijayanti (Singaraja).

Panggung monolog MTI kelima tahun 2016 kali ini mengusung tema Realisme Magis dari kumpulan cerpen-cerpen sastrawan Danarto dalam buku Godlob dan Adam Ma’rifat.

Pada rangkaian acara MTI kelima ini, juga menyelenggarakan sasasehan dengan menghadirkan sastrawan Danarto dan pengamat sastra-teater Prof. DR. Faruk HT (Guru Besar Fakultas Ilmu Budaya UGM), dan pengamat-partisipan: Afrizal Malna (Komite Teater DKJ), Rakhmat Giryadi (Penulis Lakon, Surabaya), Putu Satriya Kusuma (Sutradara Teater, Singaraja), Fahmy Syariff (Penulis Lakon, Makassar), Shinta Febriyani (Sutradara Teater, Makassar), Rahman Sabur (Sutradara Teater, Bandung), Sulaiman Juned (Dosen Teater ISI Padang Panjang), Yusril Katili (Dosen Teater ISI Padang Panjang), dan kalangan pekerja teater dari berbagai kota lainnya, serta jurnalis senibudaya.

Di samping penyajian karya panggung dalam bentuk monolog dan sarasehan, MTI kelima tahun 2016 menyelengarakan dua sesi lokakarya yang akan diberikan oleh Toni Broer (Kandidat Doktor Penciptaan Teater, Bandung) dan Dedi “Abdi” Karya (Aktor-Sutradara, Makassar). Masing-masing pemateri lokakarya akan memberikan “Metode Korelasi Tubuh-Ruang” dan “Metode Tadashi Suzuki”.(R)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *