Acara Masyarakat Adat Digelar di Museum Nasional

1714093nameUnknown-1024x76822780x390-001

JAKARTA (Tangselone) – Dalam rangka Hari Internasional Masyarakat Adat Sedunia, Aliansi Masyarakat Adat Nusantara (AMAN) dan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia mengadakan berbagai rangkaian acara menarik di Museum Nasional, Jakarta sampai 9 Agustus 2016.

Pengunjung dapat menyaksikan pertunjukan seni dan budaya, serta dapat membeli beragam kerajinan tangan masyarakat adat asli Indonesia.

“Ada pawai budaya dari Bundaran HI hari Minggu (7/8/2016) kemarin, workshop, pameran fotografi dan karya seniman kontemporer, bazar kerajinan tangan dan produk masyarakat adat, kuliner dan permainan tradisonal, pemutaran film, juga pertunjukan musik,” kata Annas Radin Syarif, Ketua Panitia acara Hari Internasional Masyarakat Adat Sedunia, Senin (8/8/2016) seperti dikutip Kompas Travel.

Menurut Annas, tujuan diadakannya acara ini adalah untuk memperkenalkan ke warga Jakarta tentang kondisi masyarakat adat di Indonesia, juga tentang kekayaan budayanya. Misalnya dalam pemutaran film tentang masyarakat adat, penonton dapat bertanya langsung mengenai permasalahan masyarakat adat kepada para perwakilan daerah.

Pengunjung juga dapat ikut serta dalam workshop pembuatan kerajinan tangan seperti kain tenun, atau sablon baju yang berisi protes masyarakat daerah. Tak dipungut biaya untuk hadir di acara Hari Internasional Masyarakat Adat Sedunia. Acara dibuka dari pukul 09.00-17.00 WIB, dilanjutkan dengan panggung musik dari masyarakat adat setelah pukul 18.00 WIB.(R)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *