Peringatan Hari Puisi Indonesia 2016

HPI

RIAU (Tangselone) – Peringatan Hari Puisi Indonesia (HPI) di Riau, tanggal 26-30 Juli 2016 berlangsung semarak. Sebab, tahun ini acara tersebut juga akan dihiasi dengan lomba baca puisi tingkat SMA dan parade baca puisi mantra oleh penyair enam negara. Selain Indonesia, antara lain, Malaysia, Singapura, Thailand, Brunei Darussalam dan Vietnam.

Malam puncak peringatan digelar di Taman Rumah Tuan Kadi, pinggir Sungai Siak. HPI ini sudah mulai digelar pada tahun 2012 lalu. Pada saat itu, Presiden Penyair Indonesia, Sutardji Calzoum Bachri bersama 40 orang penyair se-Indonesia mendeklarasikan HPI pada tahun 2012 di Riau. Sejak saat itu, peringatan HPI di Riau tidak pernah surut.

Pemilihan tanggal 26 Juli sebagai Hari Puisi Indonesia bertepatan dengan hari lahir Chairil Anwar. Hal itu dianggap wajar, karena sudah sejak lama Chairil Anwar dianggap sebagai icon penyair dan pembaharu puisi modern di Indonesia. Selain itu, syair dari sastrawan yang meninggal di usia muda ini juga terus terkenang, seperti dikutip www.pojokseni.com.

Sementara itu, tahun ini, Komunitas Rumah Sunting mengakomodir komunitas seni di Pekanbaru, juga dinas/instansi/lembaga seni budaya secara bersama-sama menggelar perayaan HPI ini. Selain di Riau, perayaan HPI berlangsung juga bergaung di beberapa daerah lain, seperti Sumatera Barat, Jogjakarta, Kepri, Bali dan Jakarta.(R)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *