Kesenian Tradisional Indonesia Ikuti Festival International de Folklore di Prancis

IMG-20160709-WA0005

JAKARTA (Tangselone) – Sebagai perwakilan dari International Council of Organizations of Folklore Festivals and Folk Arts (CIOFF) Indonesia, Dwipantara Creative mengikuti Festival International de Folklore yang diselenggarakan di Paris, Prancis, pada tanggal 2-14 Juli 2016. Dwipantara Creative mengemban misi kesenian tradisional di mancanegara, dengan harapan dapat meningkatkan kunjungan wisatawan asing untuk datang ke Indonesia, sesuai program pemerintah RI.

CIOFF bertujuan sebagai penyedia tempat untuk pertukaran seni dan budaya dengan menampilkan seni tradisional dari berbagai negara, mengadakan dialog antarbudaya serta kerja sama dalam rangka perdamaian dunia.

Direktur Marketing dan Koreografi CIOFF Indonesia Rosmala Sari Dewi, menjelang keberangkatannya Sabtu sore (9/7/2016), menerangkan bahwa tim yang sudah berangkat adalah Dwipantara Creative.

“Tim sudah berangkat tanggal 30 Juni,” terang Rosmala kepada Tangselone.com melalui pesan WhatsApp pribadinya.

Dwipantara Creative akan menampilkan delapan tarian tradisional Indonesia dan membawa suvenir hasil kerajinan tangan khas Indonesia untuk dipamerkan. Di antara kedelapan tarian tersebut adalah Tari Gending Sriwijaya dan Tari Randai Badantian.

Tari Gending Sriwijaya berasal dari Palembang adalah merupakan tarian sambutan atau persembahan untuk raja kerajaan Sriwijaya. Sedangkan Tari Randai Badantian merupakan gabungan dari dua tarian yakni Tari Randai dan Tari Piring.

Setelah selesai festival di Paris ini, Rosmala Sari Dewi, akan tampil menari mengikuti festival di Eropa.(R)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *