Kawasan Puncak dan Bogor Hujan Deras, Bendung Katulampa Siaga III

bogor-hujan-deras-bendung-katulampa-siaga-iii-5nlLFFsFoy

BOGOR (Tangselone) – Kawasan Puncak, Bogor dan sekitarnya diguyur hujan deras sejak sore tadi. Hal itu membuat tinggi muka air (TMA) Sungai Ciliwung di Bendung Katulampa naik, yaitu berada pada titik 130 Cm atau berstatus Siaga III.

Kepala Jaga Bendung Katulampa, Andi Sudriman mengatakan kenaikan debit air tersebut terjadi mulai pukul 19:30 WIB dan bertahan hingga sekarang.

“Iya air sekarang naik, awalnya pukul 17:30 WIB masih di 40 Cm atau normal kemudian mengalami kenaikan pukul 19:30 WIB dan masih bertahan di 130 Cm atau Siaga III,” katanya, Minggu (3/7/2016) seperti dikutip Okezone.com.

Sedikitnya, ada sekitar 200 ribu liter air perdetiknya mengalir di Sungai Ciliwung yang melewati Bendung Katulampa dan akan sampai di Ibu Kota Jakarta dalam 9 jam ke depan.

Ia pun menghimbau agar masyarakat yang tinggal di bantaran Sungai Ciliwung untuk tetap berhati-hati mengingat sampai saat ini curah hujan di kawasan hulu (Puncak) masih tinggi.

“Sekarang kondisi di Puncak masih diguyur hujan. Kita terus lakukan koordinasi dengan pintu air lainnya dan BMKG untuk memantau ketinggian air ini,” pungkas Andi.(R)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *