Jelang Lebaran Pemkot Tangsel Gelar Bazaar Ramadhan di 7 Kecamatan

ba813ccea29b022d9bf5e00cb3b5ada2_XL-001

PAMULANG (Tangselone) – Dalam rangka menyambut Hari Raya Idul Fitri 1437 H, Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang Selatan menggelar Bazaar Ramadhan secara serentak di 7 Kecamatan di wilayah Tangsel. Kegiatan tersebut dilaksanakan oleh Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Tangerang Selatan yang bekerjasama dengan Satuan Kerja Pemerintah Daerah (SKPD) lainnya, dunia usaha dan masyarakat di Tangsel.

Secara simbolis, pembukaan Bazaar Ramadhan dilaksanakan di Kecamatan Pamulang oleh Wakil Walikota Tangerang Selatan Benyamin Davnie yang dihadiri pejabat pemerintah lainnya pada Kamis, 23 Juni 2016.

Menurut Sekretaris Disperindag Tangsel Malikuswari, sedikitnya 9000 paket sembako murah disebar di tujuh kecamatan. Dalam kegiatan tersebut, terdapat beberapa stand, diantaranya stand minyak goreng, stand daging murah, beras, stand paket sembako lengkap dan stand lainnya.

“Hari ini Bazaar Ramadhan dilaksanakan serentak di tujuh kecamatan. Bazaar Ramadhan ini dilaksanakan untuk menekan kenaikan harga dan ditujukan bagi masyarakat berpenghasilan rendah,” kata Malikuswari seperti dikutip tangerangselatankota.go.id.

Dalam satu paket yang dibanderol Rp.50 ribu, menurutnya terdapat beragam bahan pangan. Antara lain beras sebanyak 4,5 Kg, terigu 1 Kg, minyak sayur sebanyak 1,5 Kg, gula 1 kg dan lainnya. “Biasanya, harga jual untuk satu paket itu 90 ribu rupiah. Tapi di sini dijual 50 ribu rupiah untuk satu paket,” kata dia.

Selain paket sembako, menurutnya ada juga bahan pangan yang dijual murah per satuan. Antara lain minyak goreng yang harga jual di pasaran Rp.13 ribu per Kg, di Bazaar Ramahan ini dijual Rp 9.000 per Kg. Ada pula daging murah yang dilempar ke pasaran Rp.85 ribu per Kg.

“Untuk minyak goreng disediakan oleh PT. Indah Kiat (Indah Kiat Pulp and Paper), ada 13 ribu liter. Sedangkan daging murah dari Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) sebanyak 500 Kilogram di Pamulang, untuk tujuh kecamatan ada 3,5 Ton,” tambah Malikuswari.

Sementara itu, Wakil Walikota Tangerang Selatan Benyamin Davnie mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan salah satu jawaban dari tuntutan masyarakat akan keberpihakan, kepedulian serta perhatian Pemkot Tangsel dalam rangka menghadapi Hari Raya Idul Fitri 1437 H.

“Yakni dengan menyediakan sembilan kebutuhan bahan pokok dengan harga terjangkau oleh masyarakat. Kegiatan ini juga merupakan satu langkah positif yang perlu ditingkatkan dan dilanjutkan ke masa yang akan datang,” jelasnya.

Tingkat konsumsi masyarakat selama bulan suci Ramadhan meningkat. Maka itu, Wakil Walikota Benyamin berharap warga Tangsel menjadi konsumen yang cerdas dan cermat.

“Jangan belanja berlebihan dan konsumsi berlebihan. Tingkat konsumsi berlebihan ini akan mempengaruhi perekonomian, maka masyarakat harus berhemat,” tandasnya.

Terkait Bazaar Ramadhan ini, ia berharap kegiatan tersebut dapat bermanfaat bagi masyarakat. Terlebih belakangan ini sejumlah harga pangan terus merangkak naik.

“Mudah-mudahan bermanfaat bagi masyarakat. Kegiatan ini merupakan kegiatan rutin tiap tahun,” jelasnya.

IMAN SEMBADA

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *