Penyair LK Ara Jual Kebun untuk Terbitkan Buku Puisi

buku-puisi-lkara_20160619_140324

JAKARTA (Tangselone) – Penyair asal Aceh, LK Ara meluncurkan antologi puisi terbaru “Kau Pergi,” di Kompleks Buaran Indah I, Jakarta Timur, Minggu (19/6/2016).

Untuk membiayai penerbitan buku tersebut, LK Ara harus menjual sepetak kebunnya di Aceh Tengah. “Biasa, seniman ya begitu. Dulu sutradara Teguh Karya juga menjual mobil untuk menutupi kebutuhan pertunjukannya. Banyak seniman melakukan yang sama,” kata LK. Ara sambil tertawa.

Sebelumnya, Sabtu (18/6/2016), buku yang diterbitkan Mahara Publishing itu, diperkenalkan dalam acara “Ngabuburit Sastra” dan “Tadarus Pusi” di Pamulang, Tangerang Selatan, dihadiri sejumlah sastrawan dan penyair Jakarta, Bogor, Depok, Bekasi, Tangerang, Tangerang Selatan, Banten.

Dalam kesempatan itu, penyair LK Ara menyerahkan bukunya kepada Ketua Dewan Kesenian Banten Chavchay Syaifullah, Ketua Dewan Kesenian dan Kebudayaan Bogor, Ace Sumanta, Ketua Dewan Kesenian Tangerang Selatan, Shobir Poer, penyair Abah Yoyok, dan penyair Ahmadun Yossi Herfanda.

Buku “Kau Pergi” merupakan kumpulan puisi religius, diterbitkan dalam dua bahasa, Indonesia dan Inggris. Diterjemahkan dan dibedah secara khusus oleh akademisi sastra, Narudin Pituin.

Buku tersebut juga akan dibincangkan dalam pertemuan “Penyair 8 Negara” di Banda Aceh 18 Juli 2016.

Penyair LK Ara, dikenal sebagai salah seorang penyair sangat produktif di usia 78 tahun. “Saya setiap hari berusaha menulis puisi. Inspirasi itu datang biasanya pukul 04.00 dini hari,” kata Ara menceritakan proses kreatifnya.
Ara telah melahirkan banyak buku puisi, salah satu karya terpentingnya adalah “Antologi Sastra Seulawah” yang menghimpun karya sastrawan Aceh sejak Hamzah Fansyuri sampai penyair generasi terkini. Antologi itu setebal 800 halaman.(R)

Sumber: Serambi Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *