Satreskrim Ringkus Calo PNS di Tangsel

images-001

PAMULANG (Tangselone) – Calo PNS di lingkungan Pemkot Tangsel, FA (60), warga Perumahan Harapan Indah, Jalan Melon 3 Nomor 5 RT 02/05, Kelurahan Medan Satria, Kecamatan Bekasi Utara, Kota Bekasi, Rabu (1/6/2016) dini hari diringkus Satuan Reserse Kriminal (Satreskrim) Polres Tangerang Selatan.

FA dilaporkan sejumlah calon PNS di Kota Tangsel yang merasa tertipu karena tak kunjung menjadi PNS, padahal sudah menyetorkan uang puluhan hingga ratusan juta. Dari aksi tipu-tipunya itu, FA meraup uang Rp 2,5 miliar dari korbannya.

“Iya benar, sudah diamankan pada pukul 02.12 dini hari (Rabu, 1/6/2016), di rumahnya,” kata Kasat Reskrim Polres Tangsel AKP Samian, seperti dikutip Banten Hits.

Saat diciduk, jajaran Streskrim Polres Tangsel, pelaku sedang tidur pulas. FA tak melakukan perlawanan saat dicecar polisi atas sangkaan telah melakukan tindak kejahatan penipuan dan penggelapan uang.

“Total uang hasil penipuan yang sudah diraup tersangka mencapai Rp2,5 miliar. Semua modusnya sama-sama, berlagak bisa memasukan korbannya menjadi PNS,” katanya.

Salah satu korban asal Tangsel bernama Novi mengaku sudah menyetorkan uang senilai Rp 240 juta kepada tersangka FA. Sadar telah menjadi korban penipuan, Novi akhirnya melaporkan kasus ini ke Mapolres Kota Tangsel.

Dia menambahkan, diduga kuat masih banyak korban FA lainnya yang belum melaporkan ke institusinya. Untuk itu pihaknya masih terus melakukan pengembangan terhadap kemungkinan adanya korban lain, sebab FA mengaku ada sekitar 70 orang yang menjadi korbannya.

“Total ada Rp 2,5 miliar yang sudah tersangka nikmati, ngakunya buat biaya hidup,” tutur Samian.

Menurutnya, atas perbuatan kejahatan FA tersangka dijerat Pasal 372 dan 378 Kitab Undang-undang Hukum Pidana tentang Penggelapan serta Penipuan dengan ancaman kurungan penjara paling lama sekitar 12 tahun.

IMAN SEMBADA

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *