Pencipta “Bento” Sakit dan Merana

2303269FullSizeRender4780x390

PONDOK PUCUNG (Tangselone) – Naniel Khusnul Yakin, pencipta “Bento”, kini sedang sakit setelah insiden jatuh di Warung Apresiasi (Wapres) Bulungan beberapa bulan lalu. Ia mengalami patah tulang kaki. Seniman asal Surabaya yang juga wartawan hiburan itu nasibnya merana pada usia tua. Bersama Iwan Fals, tahun 1989, ia menciptakan “Bento” yang sangat fenomenal.

Popularitas karya terkadang melebihi senimannya. Jika melihat popularitas lagu “Bento” itu mestinya Naniel bisa hidup senang dan bahagia di hari tuanya. Tidak miskin dan merana. Lagu “Bento” yang ia ciptakan bersama Iwan Fals menjadi salah satu lagu andalan kelompok musik Swami.

Kabar ini terungkap ketika Deddy Corbuzier berkunjung ke kediaman Naniel di kawasan Pondok Pucung, Bintaro, Tangerang Selatan, akhir pekan lalu.

“Kalau melihat karyanya yang fenomenal, lagu Bento. Mestinya Mas Naniel tinggal di apartemen mewah, menikmati hari tuanya. Tapi itulah nasib seniman Indonesia, harus menghadapi kenyataan pahit,” kata Deddy dalam keterangan tertulisnya, Minggu lalu (10/4/2016).

Kondisi musisi asal Surabaya itu menurut Deddy sangat memprihatinkan. Pemandu acara “Hitam Putih Trans7” yang berkepala plontos itu pun langsung teringat dengan almarhum Pak Raden yang mengalami nasib sama dan tidak mendapat perhatian di hari tuanya.

“Bagaimanapun, saya dikasih cermin besar dari nasib Pak Raden dan Mas Naniel. Tentu hal ini membuat saya kawatir dan harus mulai menata diri, supaya kelak hari tua saya aman,” ungkap Deddy.

Lebih lanjut, ayah satu anak ini berharap adanya perhatian dari pemerintah kepada para seniman Tanah Air.

“Seperti haknya Atlet yang mengharumkan nama bangsa mendapat penghargaan rumah atau apalah, mestinya seniman juga diperlakukan sama. Terutama seniman yang hidupnya kurang beruntung di hari tuanya,” harapnya.

Pada kesempatan itu, kunjungan Deddy Corbuzier ke rumah pencipta lagu sekaligus mantan wartawan didampingi sejumlah pengurus Forum Wartawan Hiburan (Forwan). Kedatangan mereka untuk berbagi kepada Naniel Khusnul Yakin yang tengah mengalami sakit.

IMAN SEMBADA | DARI BERBAGAI SUMBER

One Response to Pencipta “Bento” Sakit dan Merana

  1. Agus Purnomo says:

    Saya penggemar Mas Iwan dari Tahun 80 an,,,apalagi setelah mas Naniel bergabung dengan SWAMI dan menciptakan lagu Bento dan lagu lagu yang lainnya, Bahkan lagu yang di nyanyikan langsung dan di ciptakan oleh Mas Naniel yg berjudul “Eseks..Eseks..Uduk…Uduk” (“Nyanyian Ujung Gang”) Lagu tersebut sangat Menyentuh dan Enak di hati kami semua…Untuk itu Sebaiknya Mas Iwan, Mas Djabo, Mas Djodi, Mas Jockie Suryoprayogo Wajib Membantu Mas Naniel..Karena beliau ikut berjasa membesarkan Nama SWAMI…Mudah mudahan kalimat saya ini bisa mengetuk Hati Kalian semua..Trimakasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *