Penggalangan Dana untuk Rio Haryanto Oleh Dua Organisasi Kepemudaan

19952_37955_rio

Dukungan terhadap pembalap F1 pertama asal Indonesia Rio Haryanto terus berdatangan. Kali ini, dari ‎Badan Komunikasi Pemuda Remaja Masjid Indonesia (BPKPRMI) dan Komite Nasional Pemuda Indonesia (‎KNPI).

‎Adanya dukungan organisasi kepemudaan tersebut disampaikan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nachrawi.
“Saya mendapat support yang luar biasa dari BPKPRMI, KNPI untuk membantu adik kita Rio Haryanto dalam kaitan pengumpulan dana itu,” tuturnya di Hotel Sahid Jaya, Jakarta, Jumat (4/3).

Ia mengaku senang dengan adanya dukungan mengumpulkan dana untuk‎ Rio. Sebab, Rio sendiri telah mengharumkan nama Indonesia dengan kiprahnya di F1 itu. “‎Saya lihat sosok Rio ini bukan semata-mata membawa nama baik dia, tp betul-betul secara tulus membawa nama merah putih,‎” tegasnya.

Imam terlibat membantu Rio untuk mengumpulkan dana keikutsertaan ‎dalam seri balapan Formula F1 tahun 2016. Total dana yang ‎diperlukan sebesar 15 juta euro atau sekitar Rp 225 miliar.

Sejauh ini Pertamina telah menyediakan 5 juta euro atau s‎enilai dengan Rp 75 miliar. Karenanya,‎ pemerintah harus melengkapi kekurangannya sekitar 10 juta euro atau Rp 150 miliar.

Kemenpora rencana akan memberikan dana sekitar Rp 100 miliar melalui anggaran BUMN. ‎Namun, perlu persetujuan DPR agar dicairkan. Bahkan, Imam meminta persetujuan Presiden Joko Widodo agar menyumbangkan full gajinya membantu Rio berkiprah di ajang Formula 1.

Menteri asal PKB itu pun meminta agar gaji setiap pegawai negeri di Indonesia dipotong untuk membantu menyumbangkan dana. PNS di Kemenpora katanya sudah menyetujui permintaannya itu.

“Kita minta seikhlasnya karena keikhlasan itu mengalahkan segala-galanya. Daripada dipaksa, diberi presentase sekian tetapi tidak ikhlas, tentu tidak akan jadi berkah,” tandas Imam.

[DOC | DNA/JPG | JAWAPOS.COM]‎

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *