80 TAHUN NH DINI

NH-DINI-400x241

PAMULANG – Forum Pecinta Mbak Dini Semarang melakukan pertemuan Dua Hati, 80 Tahun Nh. Dini di Vina House Semarang, Senin (29/2).

Pertemuan tersebut merupakan perayaan ulang tahun ke-80 Nh Dini yang mempertemukannya dengan para pelaku dan pecinta sastra di Semarang dan sahabatnya, sebagai wujud penghargaan kepada Nh Dini yang merupakan sastrawan, novelis dan feminis terkenal Indonesia.

Nh Dini merupakan singkatan dari Nurhayati Srihardini yang dilahirkan di Semarang tanggal 29 Februari 1936 yang telah melahirkan karya-karya besar seperti Tirai Menurun, Namaku Hiroko, Pada Sebuah Kapal dan masih banyak lagi.

Dalam perayaan ulang tahunya ke-80 tersebut, Nh Dini menceritakan kisah awal menulis hingga ke usianya ke-80. Sejak kecil Ia menyukai dunia tulis menulis dan mengirimkan tulisan-tulisannya ke surat kabar. Sampai lika-liku kehidupannya memang sangat berat saat berpisah dengan suaminya yang merupakan konsul Perancis hingga penyakit di rahimnya.

Namun semua dilewatinya dengan sabar dan memutuskan mengabdikan diri ke dunia sastra dan sastra Indonesia. Hingga saat ini, Ia ingin terus mempertahankan kreativitasnya dalam menulis.

“Ojo wedi, semangat dan wani sehingga memutuskan mengabdi di dunia sastra dan sastra Indonesia,” katanya yang tinggal di wisma lansia Harapan Asri Banyumanik.

Ia pun hanya meminta satu hal agar selalu didoakan supaya sehat selalu, karena menurutnya kesehatan adalah kunci untuk berkarya.

Hesti Utami, sahabat Nh Dini dalam testimoninya mengatakan, mengagumi sosoknya yang tulus dan baik hati. Ia pun mengagumi karya Nh dini berjudul Pada Sebuah Kapal. “Sudah saya baca lima kali tidak pernah bosan,” ujarnya.

Hesti pun berharap apapun kondisinya, Nh Dini tetap berkarya karena dia adalah salah seorang penulis yang sampai sekarang masih tetap eksis.

Sementara itu sastrawan Indonesia Taufik Ismail yang juga turut hadir memberikan hadiah puisi kepada Nh Dini yang berjudul “Semoga Negeri Kita Masih Disayangi Tuhan,”. Acara diakhiri dengan pemotongan tumpeng dan roti ulang tahun oleh Nh Dini.PAMULANG

sumber:Suaramerdeka.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *