Koalisi Indonesia Luncurkan Gelang Harapan Baru Khusus untuk Kanker Serviks

Bracelet-of-HOPE-1-001

JAKARTA (Tangselone.com) – Masih dalam rangka kampanye publik untuk mengedukasi dan menghimbau perempuan Indonesia dan masyarakat umum tentang pentingnya pencegahan kanker serviks, Koalisi Indonesia Cegah Kanker Serviks (KICKS) dan Yayasan Dunia Kasih Harapan “Bracelet of HOPE” hari ini resmi meluncurkan Gelang Harapan #CegahKankerServiks. Kolaborasi kedua organisasi aktivis kanker ini merupakan respon proaktif terhadap gentingnya kondisi penyakit kanker serviks di Indonesia, yang menurut data dari GLOBOCAN 2012, setiap harinya ditemukan 26 perempuan Indonesia meninggal karena kanker serviks[1], yang salah satunya diduga karena masih kurangnya kesadaran masyarakat tentang penyebab dan pencegahan penyakit serius ini.

Pada acara peluncuran hari ini, Aryanthi Baramuli Putri, Ketua Umum dan Pendiri Cancer Information and Support Center (CISC) yang juga salah satu organisasi non-profit penggagas KICKS mengatakan, “Kanker serviks terus menjadi momok yang menakutkan bagi perempuan, terutama di Indonesia. Bahkan, 70% kasus ditemukan adalah perempuan dengan kanker serviks stadium lanjut dengan peluang kesembuhan yang minim.[2] Melalui Gelang Harapan #CegahKankerServiks ini, kami berharap agar masyarakat dapat lebih sadar dan tergugah akan gentingnya kasus kanker serviks di Indonesia, dan tergerak untuk segera melakukan tindakan preventif dengan deteksi dini dan vaksinasi HPV.”

KICKS pertama kali dicanangkan pada bulan April 2017, dan meluncurkan kampanye publik berbasis digital #CegahKankerServiks pada bulan Agustus 2017 yang lalu. Melalui dukungan penuh kalangan selebriti sebagai Duta #CegahKankerServiks seperti Wulan Guritno, Dewi Sandra, Prilly Latuconsina, Ruben Onsu, Sarwendah dan para pemenang Puteri Indonesia 2017 Bunga Jelitha, Kevin Lilliana, Karina Nadila dan Dea Rizkita, KICKS menjalankan kegiatan edukasi publik melalui kegiatan online dan offlline, termasuk melakukan kolaborasi dan kemitraan dengan berbagai orgasisasi non-profit maupun swasta – sebagaimana kolaborasi antara KICKS dan Bracelet of HOPE terwujud.

“Kami di KICKS sangat senang dapat bergerak bersama Bracelet of HOPE yang memiliki komitmen yang sejalan dengan kami. Gelang Harapan #CegahKankerServiks ini adalah upaya dari KICKS dan HOPE agar perempuan di Indonesia lebih mengerti, termotivasi dan saling menyemangati untuk segera melakukan tindakan pencegahan demi mewujudkan perempuan Indonesia bebas kanker serviks,” tambah Aryanthi.

Selain sebagai salah satu Duta #CegahKankerServiks dan aktivis KICKS, artis dan selebriti, Wulan Guritno juga merupakan Co-Founder Bracelet of HOPE, dan akan berada di garis terdepan dalam menggalang dukungan bagi Gelang Harapan #CegahKankerServiks. “Kolaborasi antara KICKS dan Bracelet of HOPE adalah penggabungan kekuatan antara dua gerakan aktivis kanker yang kami harapkan dapat memperkuat upaya kampanye publik kami. Dan sebagai ‘benang merah’ yang mempertemukan kedua gerakan hebat ini, saya merasa bangga dan tergugah. Kami yakin Gelang Harapan #CegahKankerServiks ini dapat menjadi suatu persembahan dari kami yang diharapkan dapat meningkatkan kepedulian dan kesadaran masyarakat umum, khususnya perempuan, akan kondisi kanker serviks di Indonesia yang semakin mengkhawatirkan,” ujar Wulan.

Gelang Harapan #CegahKankerServiks ini merupakan gelang yang dibuat dengan “kain jumputan” atau dikenal juga dengan “kain pelangi” yang lekat dengan visualiasasi sebuah “harapan” atau “HOPE”. Edisi Gelang Harapan #CegahKankerServiks ini merupakan produksi khusus, karena terbuat dari kain jumputan yang diproduksi khusus oleh rumah produksi Ghea Panggabean dengan warna hijau turqoise, yaitu warna resmi gerakan kanker serviks di seluruh dunia, dan dibuat langsung oleh tangan-tangan 20 ibu pengrajin binaan Bracelet of HOPE. Tidak hanya cantik, warna cerah Gelang Harapan #CegahKankerServiks diharapkan dapat menjadi sebuah simbol harapan bagi gerakan sosial kolaborasi KICKS dan Bracelet of HOPE, dan mampu menyatukan dukungan perempuan serta masyarakat Indonesia untuk kampanye publik melawan kanker serviks.

Keberhasilan sebuah gerakan sosial, tentunya tidak luput dari partisipasi sebanyak-banyaknya pemangku kepentingan, termasuk sektor bisnis. Edisi pertama Gelang Harapan #CegahKankerServiks merupakan hasil dari dukungan dan tanggung jawab sosial dari PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau (BNI), salah satu badan usaha milik negara yang dikenal aktif mendukung program-program kesehatan di Indonesia.

Corporate Secretary BNI, Kiryanto mengatakan, “Dukungan yang kami berikan kepada KICKS dan HOPE ini merupakan wujud kepedulian BNI akan isu kanker serviks di Indonesia serta mendukung program pencegahan kanker serviks yang digagas oleh Organisasi Aksi Solidaritas Kabinet Kerja (OASE KK). Partisipasi kami di Gelang Harapan #CegahKankerServiks ini juga sebagai upaya BNI dalam meningkatkan kesadaran publik mengenai kanker serviks dan menghimbau mereka agar dapat segera melakukan pencegahan dini sehingga generasi perempuan Indonesia sekarang dan di masa depan dapat terlindungi dari kanker serviks.”

Saat ini, gelang harapan #CegahKankerServiks dapat diperoleh dengan donasi sebesar Rp150.000, dan seluruh hasil donasi yang digalang akan didedikasikan untuk kegiatan-kegiatan sosial terkait kanker serviks yang dilakukan oleh KICKS dan Bracelet of HOPE. Gelang harapan #CegahKankerServiks dapat dipesan melalui Whatsapp ke 08980306980 atau di situs resmi Bracelet ot HOPE www.gelangharapan.com. Sebagai rangkaian dari kegiatan kampanye, KICKS dan Bracelet of HOPE juga akan membuka booth selama satu bulan di Januari di pusat perbelanjaan terpilih di Jakarta, yang rencananya akan digelar selama Cervical Cancer Awareness Month yang akan berlangsung di seluruh dunia di bulan Januari 2018. Selama kurang lebih sebulan booth digelar, bersama pendukung dari kalangan selebriti, KICKS dan Bracelet of HOPE akan menyelenggarakan berbagai kegiatan edukasi dan promosi interaktif ‘call-to-action’ secara online dan offline, untuk lebih menyebarluaskan informasi terkait pentingnya pencegahan dan perlindungan diri dari bahaya kanker serviks.

“Siapapun yang berdonasi, mengenakan dan mempromosikan Gelang Harapan #CegahKankerServiks ini, artinya mereka sudah peduli dan membantu upaya kami untuk membantu menurunkan angka penderita kanker serviks di Indonesia. Himbauan kami kepada seluruh masyarakat adalah cintai dirimu dan keluargamu dengan segera melakukan tindakan pencegahan kanker serviks segera, agar masa depan Indonesia terbebas dari kanker serviks,” tutup Wulan. (R)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *