Penghargaan Akademi Jakarta 2016

p61229-200622-001

JAKARTA (Tangselone.com) – Di penghujung tahun 2016 ini, Akademi Jakarta (AJ) memberi penghargaan kepada Trisutji Djoeliati Kamal. Penyerahan penghargaan dilakukan oleh Wakil Ketua AJ Toeti Heraty N. Roosseno di sebuah acara yang dihelat di Teater Kecil, Taman Ismail Marzuki, Jakarta Pusat, Kamis (29/12/2016) malam.

Trisutji Kamal yang nama lengkapnya Kanjeng Raden Ayu (KRA) Trisutji Djoeliati Kamal adalah komponis perempuan pertama yang membawa dan mengangkat musik klasik Indonesia ke kancah dunia. Trisutji Kamal menekuni musik klasik sepanjang perjalanan hidupnya. Dedikasinya pada musik klasik adalah sebuah totalitas seniman sejati.

Keunikan dan kecanggihan Karya-karya Trisutji Kamal tidak terlepas dari proses pembentukan wataknya yang ditanamkan keluarganya sejak kecil. Trisutji Kamal lahir di Jakarta, 28 November 1936 dari pasangan Djulham Surjowidjojo dan B.R.A. Nedima Kusmarkiah.

“Sebagai pianis, Trisutji Kamal tidak hanya piawai memainkan musik-musik klasik, tapi juga cerdas dalam menerjemahkan gagasannya dalam sebuah komposisi musik yang harmonis,” ujar Ketua Juri AJ Maman S Mahayana.

Pada malam penyerahan penghargaan itu disajikan karya-karya Trisutji Kamal antara lain, dua Nocturne piano solo yang dimainkan oleh pianis Hazim Suhadi, empat tembang puitik (berjudul Tembang, Kepadamu Bunda, Anugrah, dan Aku) untuk soprano dan piano yang dibawakan dengan apik oleh Aning Katamsi dan Ratna Katamsi.

“Saya tidak terlalu ambisius, namun punya cita-cita untuk memiliki bahasa musik yang unik agar dapat mencerminkan latar belakang budaya nusantara,” kata Trisutji Kamal yang pernah menerima penghargaan Bintang Budaya Parama Dharma (2010) dan Anugerah Yayasan Pendidikan Musik (2012) ini.(R)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *