Hening Cipta Serentak di Hari Pahlawan 2016

logo-hari-pahlawan-2016

JAKARTA (Tangselone.com) – Kementerian Sosial (Kemensos) melalui Direktorat Kepahlawanan, Keperintisan, Kesetiakawanan dan Restorasi Sosial (Dit K2KRS) serentak akan melaksanakan peringatan Hari Pahlawan 2016 yang diperingati setiap tanggal 10 November.

Dalam upacara yang diiringi tabur bunga ini nantinya juga akan dilaksanakan Hening Cipta, seperti yang dilakukan setiap tahunnya.

Menteri Sosial (Mensos) Khofifah Indar Parawansa melalui surat keputusan Nomor 207/HUK/2016 tentang Panitia Pusat Peringatan Hari Pahlawan Tahun 2016 menyampaikan keanggotaan peringatan Hari Pahlawan 2016 terdiri dari unsur lembaga pemerintah, instansi terkait, organisasi sosial kemasyarakatan serta unsur lainnya, seperti dilansir Merdeka.com.

Hening Cipta sendiri akan dilaksanakan pada tanggal 10 November tepat pukul 08:15 waktu setempat. Ada pun lokasi peringatan upacara dan Hening Cipta antara lain, upacara Ziarah Nasional di Taman Makam Pahlawan Nasional Utama Kalibata Jakarta, halaman kepala daerah, kantor/instansi Pemerintah, swasta dan lain-lain.

Hening Cipta dilaksanakan untuk mengenang dan menghormati jasa-jasa para pahlawan yang telah gugur membela bangsa dan negara, Hening Cipta dilaksanakan selama 60 detik serentak di seluruh Indonesia pada 08:15 waktu setempat.

Sejarah ditetapkannya tanggal 10 November sebagai Hari Pahlawan sendiri dilatarbelakangi pertempuran di Surabaya pada tanggal 10 November 1945. Ketika itu terjadi perlawanan besar dari tentara Indonesia terhadap pasukan Inggris. Peristiwa ini menjadi perang pertama pasukan Indonesia dengan pasukan asing setelah proklamasi kemerdekaan Indonesia.

Maka, bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai jasa-jasa para pahlawannya.(R)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *