Indonesia Gelar Festival Budaya Nusantara di Kota New Taipei

516848_620

JAKARTA (Tangselone) – Pemerintah Indonesia bersama sejumlah instansi di lingkungan pemerintahan Taiwan menggelar Festival Budaya Nusantara di Balai Kota New Taipei, Minggu (4 September 2016), yang mendapat sambutan antusias dari para tenaga kerja Indonesia.

“Acara ini digelar secara rutin setiap tahun sebagai bentuk apresiasi terhadap para TKI yang bekerja di Kota New Taipei,” kata Kepala Kantor Dagang dan Ekonomi Indonesia (KDEI) di Taipei, Robert J Bintaryo, dalam keterangan tertulisnya kepada Antara di Jakarta, Senin (5 September 2016).

Kegiatan tersebut terselenggara atas kerja sama KDEI dan Pemerintah Kota New Taipei, Lembaga Pengembangan Ketenagakerjaan Taiwan, Kementerian Ketenagakerjaan Taiwan, Biro Ketenagakerjaan Taiwan, dan didukung sponsor.

“Acara ini kami harapkan dapat memberikan hiburan kepada para TKI yang bekerja di Taiwan serta yang paling penting adalah untuk meningkatkan hubungan antara KDEI di Taipei dan Pemerintah Kota New Taipei,” ujar Robert Bintaryo.

Robert menyebutkan bahwa jumlah TKI di Taiwan tercatat 237.085 orang, sedangkan organisasi yang didirikan TKI di Taiwan diperkirakan mencapai 100.

“Hal ini merupakan potensi untuk memperkenalkan budaya Indonesia secara luas ke masyarakat Taiwan. Dengan mengenal budaya Indonesia, diharapkan majikan semakin memahami tradisi dari tenaga kerja sehingga diharapkan kesalahpahaman terutama menyangkut tradisi dan adat istiadat antara kedua belah pihak tidak akan terjadi,” katanya.

Sementara itu, Wali Kota New Taipei Eric Zhu mencatat jumlah TKI yang bekerja di kotanya mencapai 40 ribu orang.

“Jumlah yang tidak sedikit, namun dalam kesehariannya dapat tercipta hubungan yang harmonis antara majikan dan TKI. Kami menyambut dengan tangan terbuka, TKI di wilayah kami,” kata Eric Zhu.

Ia berharap hubungan yang telah terjalin dengan baik ini dapat berlangsung seterusnya karena dia menganggap TKI telah menjadi bagian dari keluarga besar warga Kota New Taipei.

Festival Budaya Nusantara dibuka dengan penampilan Morning Fresh Band dan The Relix Band, keduanya adalah band bentukan TKI di Taiwan. Suasana makin meriah dengan penampilan pencak silat Persaudaraan Setia Hati Terate (PSHT), tari Saman dan tari Sajojo yang dibawakan dengan apik oleh penampil Persatuan Pelajar Indonesia (PPI) Taiwan.

Acara tersebut diakhiri dengan penampilan Band Naff yang didatangkan secara khusus dari Jakarta.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *