Gandrung; Pameran 110 Karya Desain Mahasiswa Tugas Akhir DKV Unindra

IMG-20160811-WA0011

JAKARTA (Tangselone) – Desain komunikasi visual sebagai bidang ilmu yang kompleks, kini telah menghadapi tantangannya di masyarakat. Dengan kompentensi kemampuan seni, teknologi dan ilmu-ilmu lain yang dapat saling berintegrasi, membuat desain komunikasi visual mempunyai ruang positif tersendiri, unik dan berbeda dari ilmu-ilmu lain yang hadir di Indonesia.

Walaupun positioning di masyarakat menempatkan desain komunikasi visual sebagai suatu ilmu terapan, justru menjadi tantangan sendiri bagi Program Studi Desain Komunikasi Visual Universitas Indraprasta PGRI untuk mampu membuktikan integrasi ilmu desain komunikasi visual dengan bidang ilmu lain agar dapat bermanfaat bagi masyarakat, lembaga dan Negara Republik Indonesia.

Kolaborasi antar bidang inilah yang dipraktikan langsung oleh mahasiswa tugas akhir Desain Komunikasi Visual Universitas Indraprasta PGRI dalam pameran yang bertajuk Gandrung; Pameran 110 Karya Desain Tugas Akhir Mahasiswa DKV Unindra.

Informasi tentang bidang studi Sejarah, Pariwisata, Seni dan Budaya, Kesehatan, Sosial, Industri Kreatif hingga Lingkungan Hidup dikelola secara apik dan cermat oleh mahasiswa DKV Unindra, sehingga karya desain yang telah diciptakan memuat pesan yang semudah mungkin dapat dicerna oleh masyarakat. Luaran karya desain seperti film animasi 2D/3D, Motion Comic, Infografis Animasi, Film Dokumenter, Iklan Layanan Masyarakat, Buku Informasi, Buku Foto maupun Ilustrasi dikemas sangat “keren” oleh mahasiswa dengan dasar penelitian ilmiah.

Model karya desain dengan integrasi bidang studi ini perlu untuk diapresiasi, direspon dan diketahui oleh insan kreatif, lembaga ilmiah maupun pemerintah daerah. Salah satu karya yang menarik ialah muncul cara pendidikan baru untuk mempopulerkan cerita wayang melalui animasi bagi anak, atau juga karya infografis animasi yang membahas tentang Informasi Wisata Pabrik Batu Bara Sawah Lunto, Padang. Masih banyak gagasan kreatif yang tertuang dalam karya mahasiswa di Gandrung; Pameran 110 Karya Desain Tugas Akhir Mahasiswa DKV Unindra.

Amri Ashari, MDs selaku Sekretaris Prodi Desain Komunikasi Visual Unindra, menambahkan bahwa seratus sepuluh karya yang tersaji memang bukanlah tanda atau bukti desain komunikasi visual sudah menjawab persoalan antar bidang studi, namun paling tidak ada suatu kemajuan berpikir yang dilakukan oleh mahasiswa DKV Unindra dalam menempatkan terapan desain komunikasi visual dapat bermanfaat bagi bidang ilmu, kelembagaan dan masyarakat.

Gandrung; sebagai penamaan pameran diharapkan mendapat hati di seluruh lapisan masyarakat untuk dikagumi, disukai dan dicintai karya-karya desain komunikasi visual yang berpihak untuk menyelesaikan persoalan. Datang dan kunjungi Pamerannya Pada 8-13 Agustus 2016 di Aula Gedung Persatuan Guru Republik Indonesia, Pameran dibuka jam 09.00 – 17.00, Pameran dibuka untuk umum hanya pada hari Senin-Selasa dan Kamis-Jumat.(R)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *