Sebanyak 32 Desa Mengikuti Upacara Kasada

34tPqG0VXl-001

PROBOLINGGO (Tangselone) – Semburan abu vulkanik tak menyurutkan niat sebanyak 32 Desa di Kabupaten Malang, Kabupaten Pasuruan, dan Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, ikut meramaikan upacara Yadnya Kasada yang digelar di Desa Ngadisari, Kecamatan Sukapura, Kabupaten Probolinggo, tepatnya di kaki Gunung Bromo yang tengah mengalami erupsi.

“Warga dari 32 desa itu akan berkumpul di Pura Luhur Poten,” kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Probolinggo, Anung Widyarto, Rabu (20/7/2016) seperti dikutip Metrotvnews.com.

Perayaan Yadnya Kasada lebih semarak berlangsung di Desa Sukapura, Probolinggo. Ini karena letaknya berdekatan dengan lokasi puncak ritual, yakni di Pura Luhur Poten, di lautan pasir Gunung Bromo.

Rangkaian acara Yadnya Kasada di Kecamatan Sukapura Probolinggo digelar sejak 16 Juli. Dimulai dengan acara Jalan Santai Bersarung, Off Road, Bromo Trails, Pawai Obor, hingga resepsi Yadnya Kasada di Balai Desa Ngadisari malam ini.

Rangkaian Yadnya Kasada ditutup dengan ritual di Pura Luhur Poten di lautan pasir Gunung Bromo dan pelemparan sesaji ke kawah Gunung Bromo.

“Sebenarnya setelah acara puncak dini hari nanti, juga ada acara ritual pagi harinya, tapi detailnya belum tahu,” kata Anung.(R)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *