Hormati Wafatnya Nyai Fatma, Festival Thong-Thong Lek Tak Bersuara

imageContent

REMBANG (Tangselone) – Festival Thong-Thong Lek 2016 di Kabupaten Rembang dilakukan dengan melakukan aksi silent sejauh satu kilometer untuk menghormati wafatnya Nyai Hj Siti Fatma, istri Mustasar PBNU KH Ahmad Mustofa Bisri (Gus Mus).

Start yang diawali dari kawasan Jalan HOS Cokroaminoto tidak dibunyikan sampai 500 meter dari Pesantren Raudlatut Tholibien Rembang. Festifal yang diikuti dari 12 grup Thong-Thong Lek itu, baru boleh ditabuh kembali setelah 500 meter dari Ponpes TPI lebih tepatnya di bundaran pasar kota Rembang.

“Kita berlakukan aturan ini guna menghormati almarhumah istri KH Ahmad Mustofa Bisri atau Gus Mus,” terang Kapolres Rembang AKBP Sugiarto kepada awak media, Kamis (30/6) malam seperti dilansir NU Online.

Wakil Bupati Rembang Bayu Andriyanto saat membuka Festival Thong-Thongk Lek meminta kepada segenap hadirin untuk ikut serta memanjatkan doa bagi almarhumah Nyai Hj Siti Fatma yang meninggal dunia pada Kamis (30/6) siang sekitar pukul 14.30 WIB.

Sejauh satu kilometer peserta hanya berjalan kaki tanpa membunyikan apapun termasuk petasan yang biasa menghujani pagelaran Festival Thong-Thong Lek pada tahun-tahun sebelumnya. Dari dalam lokasi pesantren TPI nyaris tidak ada suara yang menandakan adanya sebuah pagelaran tahunan yang biasa di gelar di Kabupaten Rembang.

IMAN SEMBADA

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *