Mudik Gratis Lebaran 2016 Telah Dibuka

mudik gratis

JAKARTA (Tangselone) – Program mudik gratis 2016 telah dibuka. Kementerian Perhubungan mengadakan program mudik gratisini untuk tujuan tujuan mudik yaitu Tegal, Yogyakarta, Solo, Wonogiri, Wonosobo, Kabumen, Purwokerto, Magelang dan Semarang.

“Untuk Lebaran tahun ini, Kementerian Perhubungan menyediakan kuota sebanyak 12.000 sepeda motor dan 24.000 penumpang dengan total anggaran Rp 20 miliar,” kata Kepala Biro Komunikasi dan Informasi Kementerian Perhubungan Heru Pramurahardjo dalam siaran persnya seperti dikutip laman setkab.go.id.

Pendaftaran secara bisa dilakukan secara offline maupun online . Pendaftaran online melalui portal mudikgratis.dephub.go.id pada 13 Mei 2016 hingga 12 Juni 2016. Sedangkan pendaftaran offline dibuka pada 16 Mei 2016 – 12 Juni 2016. Adapun pendaftaran offline bisa dilakukan di Kantor Dinas Perhubungan di wilayah masing-masing dan lokasi lain yang ditunjuk oleh Dinas Perhubungan.

Menurut Heru, program mudik gratis pengguna sepeda motor dengan bus tahun ini melayani 9 kota tujuan arus mudik, yaitu Tegal, Kebumen, Purwokerto, Yogyakarta, Solo, Wonogiri, Wonosobo, Magelang, dan Semarang. Sedangkan untuk arus baliknya, terdapat 3 kota tujuan yaitu Yogyakarta, Solo, dan Semarang.
“Untuk masyarakat yang melakukan pendaftaran online, jangka waktu verifikasi dokumen maksimum 3 hari. Apabila pendaftar tidak melakukan verifikasi maka slot kuota akan dilepas dari booking online dan diharuskan mendaftar ulang,” jelas Heru.
Adapun lokasi verifikasi online yaitu di Kantor Dishub Tangerang, Kantor Dishub Tangerang Selatan, Kantor Dishub Depok, dan Kantor Dishub Kota Bekasi. Sedangkan untuk masyarakat yang melakukan pendaftaran secara offline diharapkan langsung membawa kelengkapan dokumen untuk mempermudah proses pendaftaran.

Kepala Bidang Angkutan Dishubkominfo Tangsel Wijaya Kusuma menambahkan para pendaftar harus membawa KTP, STNK, SIM dan Kartu Keluarga. Wijaya, seperti dikutip laman tangerangselatankota.go.id, juga mengatakan pendaftaran bisa dilakukan secara mobile di sejumlah lokasi di Tangsel.

AGT

BACA JUGA:
Lokasi Pendaftaran Mudik Gratis 2016 di Tangsel

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *