Pemerintah Terbitkan Perppu Tentang Hukuman Kebiri

Foto: Viva.co.id

JAKARTA (Tangselone) – Pemerintah memastikan akan mengeluarkan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang (Perppu) tentang hukuman kebiri kepada pelaku kejahatan seksual terhadap anak.

Presiden Joko Widodo mengatakan, pemerintah telah mengeluarkan keputusan tentang kejahatan seksual anak yang menurutnya adalah kejahatan luar biasa.

“Kejahatan seksual pada anak kita nyatakan sebagai kejahatan luar biasa. Karena itu penanganannya harus dengan cara-cara yang juga luar biasa. Sikap dan tindakan kita, pemerintah, juga harus luar biasa,” ujar Jokowi, di Istana Negara, Jakarta, Selasa 10 Mei 2016.

Maka dari itu, kementerian lembaga terkait seperti Menkumham, Polri, dan Kejaksaan Agung, sudah diberi perintah oleh Presiden supaya melakukan tindakan yang luar biasa juga kepada para pelaku.

“Harus ditindaklanjuti dengan cepat dan ketegasan, namun sesuai aturan yang ada,” tegas Presiden Joko Widodo.

Masih di tempat yang sama, Sekretaris Kabinet Pramono Anung mengaku Perppu sudah siap. Sehingga, pada hari ini (12 Mei) akan diajukan ke Presiden untuk nantinya disetujui.

Sementara itu, Jaksa Agung M.Prasetyo usai rapat kabinet paripurna mengatakan, Kejaksaan akan memberi pasal berlapis untuk para pelaku.

Ia mengatakan hal ini lantaran ancaman 15 tahun penjara kepada predator anak itu sungguh terlalu ringan.

“Akan kita dakwakan pada pelaku bukan lagi (pasal) tunggal tapi juga di KUHP, ada pasal-pasal di sana perkosaan dengan ancaman hukumannya lebih berat,” kata Prasetyo, di Kantor Presiden, Jakarta, Selasa 10 Mei 2016, seperti yang diberitakan oleh Viva.co.id.

PILO POLY

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *